Future Career and Prospect in Hospitality and Tourism

PRESS RELEASE

“Future Career and Prospect in Hospitality and Tourism”,
Seminar Series Program Pascasarjana STP Trisakti



Sebagai wujud nyata untuk mengembangkan hospitaliti dan pariwisata Indonesia, mahasiswa Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti turut mengambil bagian dengan menyelenggarakan kegiatan seminar yang dilakukan secara rutin. Seminar kali ini diorganisir oleh Mahasiswa Pascasarjana batch IV yang berlangsung pada hari Selasa, 19 Juni 2012 pukul 08.30 hingga 13.00 bertempat di Auditorium (Aula Utama) Kampus STP Trisakti Bintaro.

 

Acara diawali dengan sambutan oleh Bapak Djoko Sudibyo, Ph.D selaku Ketua STP Trisakti Jakarta yang sekaligus membuka secara resmi seminar yang bertajuk “Future Career and Prospect in Hospitality and Tourism” ini. Kemudian Dr. H. Taufik Yudi Mulyanto, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, menyampaikan sambutan dan arahan terkait dengan Pendidikan Pariwisata di Indonesia.

 

Moderator Talkshow ini adalah Edvi Gracia Ardani, mahasiswa yang sangat peduli akan perkembangan pendidikan di Indonesia khususnya dibidang Pariwisata. Menghadirkan pembicara utama yaitu Bapak Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Seamolec (Southeast Asian Minister of Education Organization Regional Open Learning Center), dalam acara ini mempresentasikan tentang “Persyaratan Pendididikan untuk Guru dan Dosen khususnya bidang Hospitality and Tourism Industries di Asia Tenggara dan Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)” (Download Materi). Pembicara lainnya adalah Bapak Prof. Azril Azahari, Ph.D dari Program Pascasarjana STP Trisakti, yang membahas mengenai pengakuan pariwisata sebagai ilmu mandiri oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta sistem pembelajaranan sistem Dual Mode di Program Pascasarjana STP Trisakti (Download Materi). Pembicara selanjutnya Ibu DR. Endang S., Deputi Kerjasama Luar Negeri dan Promosi Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) yang membahas Kebutuhan Tenaga Kerja Pariwisata di Luar Negeri dan Rebranding Tenaga Kerja Indonesia (Download materi).

 

Untuk menyamakan persepsi dengan Industri Hospitality, selanjutnya perwakilan dari Hotel Human Resources Manager Asociation (HHRMA) yaitu Ibu Dian Sandri Fani, yang saat ini menjabat sebagai Director of Human Resources Director for Shangrilla Indonesia, dengan topik pembahasan Pengalaman yang dihadapi dengan SDM Indonesia, Kebutuhan SDM Hotel pada saat ini terutama pada level Department Head & Top Management.  Memeriahkan seminar ini kami menghadirkan alumni dari Program Pascasarjana STP Trisakti yaitu Ibu Carwi, M.Par yang bercerita tentang pengalaman profesional di bidang pendidikan Hospitality. Disamping best practice tersebut ditayangkan juga video yang menceritakan Penerapan hasil pendidikan Pascasarjana di dunia profesional Hospitality dan Tourism, dari  Bapak Trikarya Satyawan M.Par (Deputy General Manager Jakarta Convention Center) dan Ibu Nindianing Purnama Asry,M.Par (Training Coordinator, Jurusan Pariwisata Universitas Nasional, Jakarta), dimana keduanya merupakan alumni Program Pascasarjana STP Trisakti angkatan pertama.

 

Dalam tayangan Video tersebut juga terdapat kisah tentang alasan melanjutkan Program Pascasarjana dengan memilih jurusan Hospitality dan Pariwisata, yang disampaikan oleh Bapak Pasaribu (Valadoo Travel, Jakarta), Ridha Syahputri (Event Organizer di Jakarta) dan Prita Laura (News Anchor, Metro TV).

 

Dalam pembukaannya, Bapak Djoko Sudibyo, Ph.D mengatakan bahwa kegiatan seminar pariwisata dilakukan secara rutin oleh Program Pascasarjana STP Trisakti sebagai wujud peran serta kampus dan mahasiswa dalam pengembangan ilmu pariwisata Indonesia.

 

Bagi Mahasiswa Pascasarjana, kegiatan seminar ini merupakan wujud kepedulian akan pentingnya pendidikan serta memberikan gambaran untuk pengembangan karir di masa mendatang. Karir di bidang Hospitality dan Tourism sangat beragam,tentunya dengan bekal pendidikan yang mumpuni diharapkan dapat terus meningkatkan kemajuan pariwisata Indonesia.

 

Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti sebagai lembaga pendidikan pariwisata, sudah membuka Program Pascasarjana Pariwisata sejak tahun 2009. Program ini merupakan perwujudan nyata pengakuan Pariwisata sebagai ilmu mandiri dan bertujuan untuk memberikan bekal pendidikan yang dapat diaplikasikan di bidang hospitality dan pariwisata. Dengan dibukanya program ini memberikan kesempatan bagi pemerhati dan pelaku industri pariwisata Indonesia untuk berperan aktif mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu pariwisata. Pascasarjana STP Trisakti membuka  beberapa jurusan atau yang disebut minor yaitu Hospitality and Marketing Studies, Meeting Incentive Conferences and Exhibition (MICE), Hospitality and Tourism Human Resources, Indonesian Culinary Studies, Indonesian Heritage & Culture Studies, Attraction & Destination Tourism Studies, Lodging & Properties Studies. Kegiatan perkuliahan dilakukan dengan dua metode yaitu perkuliahan tatap muka dan perkuliahan jarak jauh. Dengan majunya perkembangan teknologi, sistem pembelajaran dirancang menggunakan video conference sehingga memudahkan bagi mahasiswa yang berada di luar kota untuk tetap bisa mengikuti perkuliahan yang diberikan oleh dosen. Dengan demikian sistem perkuliahan ini menuntut mahasiswa untuk menguasai Sistem Teknologi Informasi, sebagai tuntutan globasi sebagai ruh pariwisata dunia. Sistem ini juga menjawab kebutuhan Indonesia dalam rangka implementasi AFTA tahun 2015. Sistem perkuliahan ini menjadi sistem unggulan di Program Pascasarjana STP Trisakti, dan kami sebut dengan “DUAL MODE” Sistem.

 

Kehadiran program Pascasarjana STP Trisakti, mampu menjawab permintaan  para pekerja di bidang pariwisata yang sangat haus akan bekal ilmu yang mereka butuhkan baik yang berkecimpung di industri pariwisata ataupun  mereka yang memilih mengabdikan dirinya sebagai pendidik maupun peneliti. Mereka akan mampu mengaktualisasikan diri dan bersaing untuk mendapatkan promosi dan jabatan yang lebih baik bahkan menjadi pimpinan di industri pariwisata yang selalu bergerak dinamis dan sangat cepat, serta mereka mampu merencanakan dan memngembangkan pariwisata Indonesia.

 

Nara sumber selaku pendidik dan pelaku industri, mereka mengakui betapa pentingnya peran pendidikan tinggi pariwisata yang menghasilkan pemikir, perencana, penggagas dan pengembang pariwisata Indonesia terutama pada level pengambil keputusan. Mereka meyakini peran pendidikan tinggi ini mampu mengisi kebutuhan tenaga kerja pada level manejer dan top manejer, yang selama ini diisi oleh tenaga expatriat dan sudah saatnya kita sebagai orang Indonesia yang mengisi posisi tersebut. Demikian juga halnya dengan tenaga ahli yang kompeten di bidang pariwisata yang mampu mengisi posisi-posisi penting di kementerian, dinas dan suku dinas pariwisata di pemerintahan kita di seluruh Indonesia. Selama ini posisi tersebut diisi oleh para pejabat yang bukan berlatar belakang pendidikan pariwisata.

 

Acara talk show disambut meriah oleh peserta yang hadir dari kalangan guru SMK pariwisata, mahasiswa, dosen pariwisata serta pelaku industri pariwisata. Antusiasme para peserta terhadap pendidikan tinggi pariwisata ini sangat terlihat dan mereka terus mencermati apa yang disampaikan oleh para pembicara.

 

Keseluruhan rangkaian kegiatan ini dilakukan oleh Mahasiswa Program Pascasarjana Batch IV STP Trisakti yang juga mendapatkan Beasiswa Pendidikan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dalam Program “BEASISWA UNGGULAN”. Ditengah padatnya jadwal pekerjaan masing-masing serta padatnya kegiatan kuliah dan banyaknya tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah, mereka berhasil mengelola kegiatan ini dari awal hingga akhir. Dengan berbeda latar belakang pekerjaan dan pendidikan yang digeluti, Mahasiswa Batch IV berkomitmen bahwa pendidikan merupakan modal utama untuk kemajuan karir dimasa mendatang dan perkembangannya Ilmu Hospitaliti dan Pariwisata di Indonesia.

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn
1474312
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
249
290
2306
1442730
7048
21160
1474312

Your IP: 54.83.122.227
Server Time: 2017-12-15 14:12:27

Campus Locations

 

Copyright © 2017 www.stptrisakti.net. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.
Back to Top