image1 image2 image3

Siaran Pers IHF 2011

INDONESIA GELAR

FESTIVAL HERBAL PERTAMA DI BALI

Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI) dan Program Pascasarjana STP Trisakti bekerjasama dengan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), PATA Indonesia Chapter (PIC) dan QuantumConvex International serta didukung oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia mengadakan kegiatan Indonesia Herb Festival 2011 (IHF 2011), dengan tema The Lesson Learned from Indonesian Herb: Tasty - Healthy – Beauty, pada 26 – 27 Mei 2011 di Klapa - New Kuta Beach Pecatu, Bali.

“Tujuan penyelenggaraan festival ini adalah untuk mengangkat dan memperkenalkan potensi kandungan kekayaan herbal hayati Indonesia yang merupakan kedua terbesar di dunia” demikian menurut dr. Hardhi Pranata, SpS, ketua umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI) sekaligus penanggung jawab kegiatan IHF 2011. ”Perhimpunan kami ingin mensaintifikasi jamu atau herbal Indonesia untuk dapat dipergunakan secara luas dalam pengobatan”. "Jamu adalah obat asli Indonesia yang terbukti berabad-abad menjadi bagian dari kehidupan rakyat Indonesia untuk menjaga kesehatannya" dr Hardhi menambahkan.

Pada tanggal 27 Mei 2008 bertempat di Istana Negara dicanangkan gelar kebangkitan jamu nasional oleh Presiden RI dengan harapan agar jamu menjadi tuan rumah di negara sendiri dan mempunyai potensi ekonomi untuk mensejahterakan rakyat Indonesia. Dalam jangka tiga (3) tahun ini telah banyak diperbuat oleh stakeholder baik akademisi, pelaku bisnis, pemerintah, dan masyarakat, sehingga terjadi peningkatan konsumsi herbal oleh rakyat Indonesia dan pada tahun 2011 diprediksikan akan memberikan nilai ekonomi pada masyarakat sebesar 10 triliun rupiah.

Dari berbagai macam tumbuhan herbal di Indonesia, temulawak merupakan tumbuhan asli yang berasal dari Indonesia yang perlu dilestarikan oleh kita semua. Oleh karena itu tidaklah keliru pada kesempatan ini dicanangkan temulawak sebagai welcome drink yang khas Indonesia, seperti halnya ginseng sebagai minuman rakyat Korea. “Temulawak hanyalah salah satu minuman herbal yang sedang kami kembangkan menjadi welcome drink yang tidak hanya khas Indonesia, namun juga tasty” papar Prof. Azril Azahari PhD, Wakil Ketua Program Pascasarjana STP Trisakti. Lebih lanjut, Prof Azril menyatakan “Pengembangan ini merupakan kontribusi nyata untuk pariwisata nasional dari kami selaku institusi pendidikan pariwisata tingkat S2 pertama dan terdepan di Indonesia.”

Fakta bahwa minuman herbal merupakan salah satu wujud kearifan lokal Indonesia menjadi salah satu alasan mengapa Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) mendukung festival ini. Ibu Rossi Anton Apriyantono mewakili SIKIB menjelaskan “Kearifan lokal merupakan salah satu keunikan sekaligus Indonesian’s beauty. Karenanya kami sangat menyokong minuman herbal sebagai warisan leluhur untuk terus dilestarikan dan bahkan dapat dikenal dunia. Selain itu, pengembangan herbal Indonesia sangat sejalan dengan program Indonesia Sejahtera yang kami lakukan.”

Dari sisi pariwisata, khasiat herbal juga memperkaya khazanah daya tarik wisata, khususnya medical and wellness tourism. Ms. Windy Yang dari Taiwan Medical Tourism Development Association yang mewakili PATA Indonesia Chapter menyatakan, “Medical and wellness tourism merupakan jenis wisata yang pertumbuhannya paling pesat saat ini di Asia Pasific. Tren wisata ini tidak hanya memberi kontribusi positif dari sisi ekonomi, namun juga dari sisi lingkungan.”

INDONESIA HERB FESTIVAL 2011 yang pertama kali ini dilaksanakan oleh QuantumConvex International, perusahaan penyelenggara konferensi dan pameran yang berbasis di Jakarta. Rangkaian kegiatan hari pertama, 26 Mei 2011 berupa Seminar, Pameran, Penanaman Pohon, Gala Dinner dan Pergelaran Seni sedangkan hari kedua, 27 Mei 2011 berupa kegiatan post tour ke Ubud. Direncanakan, festival ini akan menjadi event tahunan dan berskala internasional pada penyelenggaraan tahun mendatang.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi panitia penyelenggara Program Pascasarjana STP Trisakti Up. Sdri. Dian Octorina, (+62 812 1388 07979), atau QuantumConvex International Up. Sdr. Toton Hutomi, (+62 813 8016 3881) atau email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. , website www.indonesiaherbfestival.com

***

Data ringkas para pendukung Indonesia Herb Festival 2011

SOLIDARITAS ISTRI KABINET INDONESIA BERSATU (SIKIB)

Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) merupakan perkumpulan para istri Menteri Kabinet Indonesia Bersatu. SIKIB dibentuk atas prakarsa Ibu Negara, Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono pada 28 Desember 2004 dengan dasar cita-cita luhur untuk memberikan pengabdian tanpa pamrih terutama di bidang sosial, pendidikan dan kebudayaan. Keberadaan SIKIB selama ini dikenal luas melalui Program bersama menuju Indonesia Sejahtera yang dimplementasikan dalam Program  Indonesia Pintar, Indonesia Sehat, Indonesia Peduli, Indonesia Hijau dan Indonesia Kreatif.

PERHIMPUNAN DOKTER HERBAL MEDIK INDONESIA (PDHMI)

Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI) adalah organisasi profesi yang bertujuan untuk memasyarakatkan pengobatan herbal dalam pengobatan pasien. Kegiatan PDHMI terutama menyebarluaskan informasi dan hasil penelitian/uji coba tentang herbal, pengalaman dokter dalam pengunaan herbal dalam praktek sehari-hari, dan pelatihan herbal.

PROGRAM PASCASARJANA SEKOLAH TINGGI PARIWISATA (STP) TRISKATI

Sebagai lembaga yang melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, mengembangkan beberapa pusat kajian antara lain: MICE Studies, Indonesia Culinary Art Studies, Destination Studies, dan berkiprah di bidang konsultasi khusus yang berhubungan dalam pengembangan pariwisata.

PATA INDONESIA CHAPTER

The Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter adalah asosiasi regional yang berperan sebagai katalis bagi pengembangan industri pariwisata Asia Pasifik dengan anggota dari pihak swasta dan pemerintah. PATA mendorong pertumbuhan pariwisata yang bernilai, berkualitas dan berkelanjutan di kawasan Asia Pasifik.

QUANTUMCONVEX INTERNATIONAL

Selain sebagai Professional Conference Organizer (PCO) dan Professional Exhibition Organizer (PEO), QuantumConvex International (QCI) juga dikenal sebagai Association Management Company (AMC) danDestination Marketing Organization (DMO) swasta pertama di Indonesia. QCI memiliki komitmen tinggi untuk membantu mempromosikan destinasi wisata dan MICE di Indonesia ke mancanegara, terutama yang membahas dan menggali potensi di bidang nilai budaya, seni, film dan berbagai hal yang berbasis pada keunikan dan tradisi serta kearifan lokal lainnya.

***

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Campus Locations

2017  www.stptrisakti.net   globbers joomla templates